Kuatkan Moderasi Beragama dan Transformasi Digital di Madrasah

  • Bagikan

Pangandaran (SS) – Kepala Bidang Madrasah H. Yusuf menekankan pentingnya penguatan moderasi beragama dan transformasi digital di madrasah.

Ia mengatakan bahwa Kanwil Kemenag Provinsi Jabar sedang menyiapkan buku Moderasi Beragama yang saat ini tengah dalam proses konsultasi dengan Kemenag Pusat. Diharapkan, dengan terbitnya buku moderasi beragama dari Kanwil, dapat memberikan panduan bagi guru-guru agama untuk mengembangkan moderasi beragama di sekolah dan madrasah khususnya di Jawa Barat.

“Kita tahu bahwa konflik internal baik konflik horisontal dan vertikal di banyak negara-negara muslim berakar dari pemahaman agama.

Oleh karena itu, kunci pemahaman agama yang paling utama adalah di sekolah,” ujar H. Yusuf saat berikan pembinaan pada para kepala madrasah se-wilayah priangan timur, Kamis (27/05).

Ia menambahkan bahwa apapun pendidikannya, baik formal maupun nonformal, pendidikan mendasar (basic) anak-anak akan berpengaruh kepada pemikiran mereka ke depan. Selain itu, ia juga memandang penting untuk mengarahkan guru-guru madrasah, agar jangan sampai ada guru-guru yang memiliki pemahaman yang radikal.

“Karena kalau pemikiran gurunya sudah terkontaminasi dengan paham-paham radikal, bagaimana dengan siswanya?” ujarnya.

Ia berpesan kepada para kepala madrasah harus hati-hati ketika ada guru yang terindikasi memiliki pemahaman radikal. Ia menyarankan kepada para kepala madrasah agar waspada ketika ada guru-guru yang memiliki sikap intoleran.

“Karena sikap intoleran adalah salah satu ciri seseorang memiliki paham radikal,” imbuhnya.

Kabid madrasah juga berpesan agar para kepala madrasah segera mengikuti perkembangan jaman dengan melakukan transformasi digital, salah satunya adalah dengan menerapkan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP).

“Kami ingin di tahun ajaran baru ini, di madrasah pun bisa melaksanakan Pelayanan Terpadu Satu Pintu,” ujarnya.

Ia juga berpesan agar berhati-hati dalam mengSPJkan anggaran baik yang berasal dari Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

Tampak hadir dalam kegiatan pembinaan para kepala madrasah yang dihelat sesaat sebelum Raker Kankemenag Kab/ Kota se-wilayah priangan timur, Kepala Bagian Tata Usaha Kanwil Kemenag Prov Jabar H. Ajam Mustajam, dan Kepala Kemenag Kab Pangandaran H. Supriana yang bertindak sebagai moderator.

banner 120x600
  • Bagikan