Lukmanudin Ar Rasyid Dukung Kemenag Revitalisasi KUA

  • Bagikan

Ciampea (SS) – Legislator Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Dapil 4 Kabupaten Bogor Lukmanudin Ar Rasyid mendukung penuh program Menteri Agama mencanangkan program Revitalisasi Kantor Urusan Agama (KUA) 2021. Program yang akan menyasar 100 KUA di tahun ini, dimulai dengan Pencanangan Enam KUA Model oleh Menag, di Banjarnegara, Jawa Tengah pada Sabtu, 29 Mei 2021.

“Saya sangat mendukung program pak Menag terkait revitalisasi KUA di Indonesia, khususnya di Kabupaten Bogor,” kata Lukmanudin.

Menurutnya, program ini sangat penting karena KUA merupakan ujung tombak layanan Kemenag di suatu wilayah.

“Yang namanya ujung tombak Kemenag ya KUA, makanya kalau KUA nya bagus dan mantap, pasti Kemenag juga mantap. Intinya, kita akan support terus program Kemenag khususnya yang berkaitan dengan layanan masyarakat,” bebernya.

Sementara itu, Direktur Jenderal Bimas Islam Kamaruddin Amin menjelaskan, program ini merupakan upaya Kementerian Agama untuk mewujudkan KUA sebagai pusat layanan keagamaan yang prima, kredibel, dan moderat guna meningkatkan kualitas umat beragama.

Ia menyampaikan terdapat empat tujuan strategis dari revitalisasi KUA. “Tujuan strategis pertama yaitu, untuk meningkatkan kualitas umat beragama, tujuan kedua untuk memperkuat peran KUA dalam mengelola kehidupan keberagamaan,” kata Kamaruddin.

Tujuan strategis ketiga, lanjut Kamaruddin, untuk memperkuat program dan layanan keagamaan. Dan tujuan strategis keempat, untuk meningkatkan kapasitas kelembagaan KUA sebagai pusat layanan keagamaan.

Kamaruddin menambahkan, revitalisasi KUA meliputi rehab fisik di setiap KUA model. Rehab fisik tersebut dilakukan seperti perubahan _layout front office_, _layout_ balai nikah dan ruang konsultasi.

“Revitalisasi ini juga meliputi penyempurnaan standar pelayanan publik pada KUA Kecamatan, transformasi digital dan penguatan program _capacity building_ terhadap petugas-petugas di KUA model seperti penghulu dan penyuluh,” ujarnya.

Kamaruddin melanjutkan, untuk program penguatan kompetensi petugas di KUA, Ditjen Bimas Islam telah melakukan sejumlah bimbingan teknis (bimtek), seperti bimtek jejaring lokal, bimtek moderasi beragama berbasis keluarga.

“Kemudian bimtek layanan prima, bimtek revitalisasi KUA melalui program dan layanan bidang Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah tahun 2021, bimtek administrasi dan pengamanan aset wakaf dan terakhir bimtek standar penyuluh agama Islam dukungan revitalisasi KUA,” tandas Kamaruddin.

Adapun enam KUA model yang diresmikan secara langsung oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, yaitu: KUA Banjarnegara, KUA Sidoarjo, KUA Ciawi Gebang, KUA Biringkanaya, KUA Gunung Sugih, dan KUA Sewon. (sob)

banner 120x600
  • Bagikan