Sekretaris PGM Kab Bogor Apresiasi Upaya Kemenag Sediakan Kuota PPPK Guru Madrasah

  • Bagikan

Jasinga (SS) – Pengurus Perkumpulan Guru Madrasah (PGM) Indonesia Kabupaten Bogor mengapresiasi langkah Kamenterian Agama memperjuangkan kuota PPPK terhadap guru madrasah dan guru PAI.

“Tentu kami sangat bangga dan apresiasi sekali atas upaya-upaya yang dilakukan Kemenag terhadap nasib rekan-rekan kami guru madrasah menjadi PPPK, jelas pengabdian mereka tak usah diragukan lagi, semoga pemerintah melalui kemenag melihat pengabdian para guru ini,” kata Sekretaris PGM Indonesia Kab Bogor Ade Irawan .

Menurutnya, upaya pemberian kuota PPPK bagi guru madrasah merupakan sebuah pemberian harkat dan martabat para guru yang sudah mengabdikan dirinya terhadap pembangunan sumber daya manusia di Indonesia.

“Bisa kita lihat perjuangan para guru madrasah di seluruh wilayah Indonesia termasuk di Kabupaten Bogor, karena hampir 95 persen pengelolaan satuan pendidikan madrasah hampir milik swasta,” imbuhnya.

Sebelumnya, Sekjen Kemenag Nizar mengatakan, Kemenag akan menggelar seleksi PPPK bagi guru madrasah. Menurut Nizar, pihaknya tahun ini telah mengalokasikan 9.495 formasi PPPK untuk guru madrasah.

“Tahun ini, ada 9.495 formasi PPPK yang disiapkan bagi guru madrasah. Mereka adalah eks Tenaga Honorer K-II yang tidak dapat mengikuti seleksi PPPK pada tahun 2019,” jelas Nizar di Jakarta, Rabu (24/3/2021).

Selain itu, lanjut Nizar, Kemenag juga telah mengusulkan 27.303 formasi PPPK untuk guru agama di sekolah negeri. Formasi ini tersebar pada sekolah negeri yang ada di 393 Pemerintah Daerah.

“Jumlah ini terdiri atas 22.927 formasi guru agama Islam, 2.727 guru agama Kristen, 1.207 guru agama Katolik, 403 guru agama Hindu, dan 39 guru agama Buddha,” jelasnya.

“Saat ini, tim Kemenag tengah menyusun soal dan modul tes seleksi PPPK. Pendaftaran kami rencanakan Mei-Juni, dan rencana pelaksaan seleksi pada Agustus 2021,” tandasnya. (Sob)

banner 120x600
  • Bagikan