Tiga Siswa Madrasah Raih Juara Pertama Kompetisi Robotik Asia Pasifik

  • Bagikan

Jakarta (SS) – Siswa madrasah kembali mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia. Kali ini, prestasi membanggakan dipersembahkan oleh dua  siswi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Banyuwangi Nadhiva bersama Chika Nabila Orisandi  dan siswa MAN 2 Kudus Yudhistira Abrory.

Ketiganya, berhasil meraih juara pertama dalam RoboCup Asia-Pacific Tianjin Invitational Tournament 2021 yang diselenggarakan oleh RoboCup Asia-Pacific (RCAP) Confederation secara online pada tanggal 19 – 24 Mei 2021. Nadhiva dan Chika berhasil meraih juara pertama pada kategori RCAP CoSpace Rescue Challenge (Online) FirstSteps U19. Sementara, Yudhistira meraih juara pertama dalam kategori RCAP CoSpace Autonomous Driving Challenge (Online).

Dalam RoboCup Asia-Pacific Tianjin Invitational Tournament 2021 ini, Tim Robotika Madrasah Indonesia berhasil memenangkan persaingan ketat dengan peserta lain yang berasal dari berbagai belahan negara diantaranya China, Jepang, Brazil, Rusia, Iran, Mesir dan Singapura.

“Torehan prestasi ini merupakan sebuah pembuktian bahwa madrasah mampu bersaing di bidang teknologi robotika dengan negara-negara luar,” ujar Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Moh. Isom di Jakarta, Senin (7/6/2021).

Moh. Isom mengatakan bahwa prestasi ini merupakan sebuah kebanggaan bagi warga madrasah. Di tengah keterbatasan akibat pandemi, madrasah tetap menunjukkan eksistensinya melalui torehan prestasi di kancah internasional.

“Semoga prestasi yang diperoleh dapat menginspirasi anak-anak madrasah di belahan Indonesia yang lainnya,” tutup Moh. Isom.

Kepala MAN 1 Banyuwangi Drs. H. Saeroji, S.Ag, M.Pd merasa bersyukur dengan capaian gemilang peserta didiknya. “Keberhasilan ini menambah semangat lagi bagi MAN 1 Banyuwangi Jawa Timur untuk terus berjuang lebih baik lagi dengan semangat kompetitif,” ucap Saeroji.

Di tempat terpisah, Kepala MAN 2 Kudus Drs. Shofi, M.Ag berharap keberhasilan ini dapat menjadi inspirasi bagi peserta didik lainya.

“Meskipun saat ini kita berada di masa pandemi Covid-19 dan pembelajaran dilakukan secara daring, siswa-siswi MAN 2 Kudus harus tetap semangat untuk belajar dan meraih prestasi” tukas Shofi. (Bac)

banner 120x600
  • Bagikan