Tingkatkan Layanan, Kemenag Dorong Transformasi Digital dan Revitalisasi KUA

  • Bagikan

Pangandaran (SS) – Kementerian Agama tengah gencar meningkatkan mutu layanan kepada masyarakat, salah satunya adalah layanan di Kantor Urusan Agama (KUA).

Setidaknya ada 7 (tujuh) program prioritas yang telah dicanangkan oleh Menteri Agama yakni : Penguatan Moderasi Beragama, Transformasi Digital, Revitalisasi KUA, Cyber Islamic University, Kemandirian Pesantren, Religiousity index dan Tahun Toleransi.

Kepala Sub Direktorat Mutu Sarana dan Prasarana dan Sistem Informasi KUA Kemenag RI, H. Jajang Ridwan mengatakan bahwa transformasi digital merupakan suatu keniscayaan bagi KUA

“Kita jangan alergi terhadap perubahan karena ditujukan pada berbagai kemudahan,” ujarnya ketika didaulat menjadi narasumber dalam kegiatan Bimbingan Teknis Peningkatan Mutu Layanan KUA yang digelar Kemenag Kab Pangandaran.

Kasubdit yang hadir secara daring melalui aplikasi zoom ini mengatakan bahwa transformasi digital akan bermuara pada kemudahan pelayanan terhadap masyarakat.

“Seluruh dokumen di KUA nantinya akan disimpan dalam bentuk digital, bahkan ke depannya buku nikah tidak perlu dicetak lagi namun cukup dengan kartu nikah,” tuturnya, Kamis (16/09).

Ia juga menambahkan bahwa transformasi digital, nantinya akan memudahkan pemantauan laporan dan evaluasi serta meningkatkan kinerja KUA.

Sedangkan untuk program Revitalisasi KUA, H. Jajang menyampaikan bahwa syarat sebuah KUA agar dapat menjadi proyek percontohan Revitalisasi KUA, yang pertama adalah KUA yang dibangun dengan skema Surat Berharga Syariah Negara (SBSN). Sedangkan syarat yang kedua adalah KUA yang sudah melaksanakan program Pusat Layanan Keluarga Sakinah (Pusaka Sakinah).

Lalu apa saja yang direvitalisasi? H. Jajang menguraikan bahwa setidaknya beberapa hal yang akan diseragamkan, yakni tata ruang layanan : desain front office, desain tampak depan balai nikah dan desain ruang konsultasi. Selain itu, Sumber Daya Manusia (SDM) dan alat pengolah data di KUA tidak luput dari proses revitalisasi.

Kehadiran Kasubdit Mutu Sarana dan Prasarana dan Sistem Informasi KUA sebagai narasumber dalam kegiatan ini dimanfaatkan oleh peserta kegiatan untuk menyampaikan berbagai kendala terkait kurangnya sarana dan prasarana yang dimiliki oleh masing-masing KUA. (did)

banner 120x600
  • Bagikan